Anggit Supriyanto

TubeBuddy: Hidden Gem Bagi Tim Creative dan YouTube Creators

oleh | 27 Des 2022 | Tools

Bagi kamu yang aktif di dunia kreatif digital, pasti sudah akrab dengan berbagai tools untuk riset dan optimasi konten.

Sebagai contoh:

  • Untuk riset topik dan kata kunci di website, bisa menggunakan Google Trends, Google Keyword Tools, Keyword Tool [dot] IO, Ahrefs, dan Semrush.
  • Untuk riset topik di media sosial, bisa menggunakan BuzzSumo, Flick, dan juga Keyword Tool [dot] IO.

Lalu, apa tool yang digunakan untuk riset topik dan kata kunci di YouTube?

TubeBuddy adalah hidden gem yang diperlukan untuk mengoptimalkan konten dan mengembangkan channel YouTube. Bagaimana cara kerjanya? Mari kita bahas.

Apa itu TubeBuddy?

TubeBuddy adalah ekstensi browser yang diluncurkan pada Desember 2014, yang bertujuan membantu para YouTuber mengembangkan channel mereka. Dengan TubeBuddy, kamu dapat melakukan riset ide topik tertentu dan mengoptimalkan konten videomu.

Hingga Desember 2022, jutaan YouTuber telah menggunakan TubeBuddy. Salah satu contohnya adalah The Food Ranger, yang memiliki lebih dari lima juta subscriber. Selain itu, saya juga merekomendasikan TubeBuddy kepada perusahaan tempat saya bekerja saat ini dan sebelumnya.

Apa saja yang saya lakukan dengan TubeBuddy?

Saya pertama kali mengenal TubeBuddy pada tahun 2020. Saat itu, saya masih bekerja di FiberCreme sebagai Digital Marketing Technology and System. Karena produksi konten yang tinggi, tim kreatif membutuhkan banyak referensi topik baru untuk konten di channel YouTube perusahaan. Saat itu—dan ternyata sampai sekarang—TubeBuddy menjadi satu-satunya pilihan yang ada, yang fokus pada riset dan optimasi konten YouTube.

Riset topik dan kata kunci YouTube menggunakan TubeBuddy

Mesin pencari YouTube bekerja mirip dengan Google. Perbedaannya adalah di YouTube, orang-orang hanya mencari video. Menggunakan kata kunci yang tepat sangat penting untuk menembus peringkat atas, dan TubeBuddy memiliki berbagai fitur untuk membantu saya dalam hal ini.

Saya dapat melacak beberapa kata kunci sekaligus jika menggunakan paket berbayar. Kamu akan merasa lebih mudah untuk mengoptimalkan kontenmu, yang pada gilirannya akan memberikan lebih banyak perhatian.

TubeBuddy juga menyediakan laporan peringkat kata kunci untuk membantu saya memvisualisasikan semua data ini dengan lebih baik.

A/B Testing Video YouTube menggunakan TubeBuddy

Salah satu tujuan utama saya adalah mengetahui konten mana yang berhasil dan mana yang tidak. Menurut saya, A/B testing adalah cara terbaik untuk mengetahuinya.

TubeBuddy memiliki berbagai fitur, termasuk A/B testing. Saya menggunakan fitur tersebut untuk menentukan judul mana yang lebih menarik dan memastikan bahwa deskripsi video saya sudah optimal.

Saya dapat memilih untuk menjalankan testing metadata dan testing thumbnail click-through rate (CTR).

Berapa Harga TubeBuddy?

TubeBuddy memiliki beberapa tingkatan harga. Pada level paling dasar, kamu dapat menggunakan secara GRATIS. Versi ini memberimu akses ke tag ranking, dan kamu juga dapat menggunakan keyword dan search explorer tool dalam kapasitas terbatas. Jika kamu ingin melakukan riset kata kunci untuk YouTube, TubeBuddy adalah pilihan yang tepat.

Untuk perusahaan atau YouTuber yang menginginkan lebih banyak fitur untuk mengembangkan channel mereka, salah satu paket berbayar TubeBuddy mungkin akan lebih membantu.

  • Paket Pro – $3,5 per bulan
  • Paket Star – $11,5 per bulan
  • Paket Legend – $26,5 per bulan

Apakah worth it menggunakan TubeBuddy?

Menurut saya, menggunakan TubeBuddy sangat worth it karena kita bisa memulainya dengan gratis—melakukan riset topik, kata kunci, analisis video dan channel. TubeBuddy juga menyediakan trial paket Pro, Star, dan Legend selama 30 hari, tanpa kartu kredit.

Itu kan yang kamu butuhkan?

Tulisan Terkait